Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Jl. Teknik Kimia, Kampus ITS Sukolilo, Surabaya

Smiley face
Tenang dan Khusyu’ dalam Tahajjud Kubro

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Tenang dan Khusyu’ dalam Tahajjud Kubro

alt

alt

Setelah sukses dengan program spiritual “Noto Ati” dengan sholat Tahajjud bersama pada tahun 2011, kini  PPNS kembali menggelar kegiatan yang sama yakni “Tahajjud Kubro” bersama Pakar Tahajjud dan Guru Besar IAIN Sunan Ampel Prof Dr. H. M. Sholeh M.Pd PNI.  Berbeda dengan Noto Ati, Tahajjud Kubro diikuti lebih banyak. Jika tahun lalu hanya keluarga dosen dan karyawan kini peserta diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, Orang tua mahasiswa baru, mahasiswa PPNS serta masyarakat umum yang beragama Islam disekitar kampus PPNS.

alt

Materi  Tahajjud dilaksanakan pada tanggal 08 September 2012 pada pagi hari pukul 08.00 WIB,  kegiatan peserta diawali dengan  materi dasar mengenai tahajjud. Materi yang diberikan adalah Knowing My Self : Mengapa Manusia Perlu Ibadah; Sehat, Sakit, Stress dan cara Me-managenya; serta Menggali Misteri dibalik Kedahsyatan Tahajjud Sembuhkan Berbagai Penyakit. Peserta juga diajak sholat Dhuhur jama’ah hingga sholat Ashar berjama’ah. Setelah kegiatan materi, peserta dipersilahkan pulang dan dihimbau untuk kembali ke halaman gedung direktorat pada pukul 23.00 WIB untuk melaksanakan sholat Tahajjud bersama.

Dilaksanakan out door di halaman Gedung Direktorat, Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas iman dan taqwa ini sangat diminati dengan antusias oleh keluarga besar PPNS. Berkumpul pukul 24.00 di halaman gedung Direktorat, sebelum memulai sholat Tahajjud jama’ah diberi penjelasan luas tentang tata cara pelaksanaan sholat Tahjjud oleh Prof Dr. H. M. Sholeh M.Pd PNI, beliau juga menyelipkan hadist hadist tentang keutamaan sholat Tahajjud. Beliau berharap, semua jama’ah dapat terus istiqomah dalam menjalankan sholat tahajjud dengan ikhlas. Suasana tenang dan khusyu’ sangat terasa ketika Sholat Tahajjud dimulai, seluruh jama’ah sangat khidmat menjalani sholat Tahajjud, bahkan tak jarang terdengar suara isak tangis jama’ah ketika berdo’a dalam sholat Tahajjud. Setelah sholat Tahajjud dilanjut dengan sholat Witir 3 rokaat kemudian para jama’ah diajak untuk bermuhasabah, saling mengoreksi diri sebagai hamba Alloh SWT dalam menjalankan tugasnya di muka bumi. Dalam bermuhasabah dengan begitu penghayatan, seolah megoreksi kesalahan dan kekurangan masing – masing dengan penuh penyesalan dan malu di hadapan Alloh SWT. Muhasabah dilaksanakan hingga menjelang subuh, kemudian kegiatan dilanjut dengan sholat subuh berjama’ah dan sarapan bersama di halaman PPNS.