Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Jl. Teknik Kimia, Kampus ITS Sukolilo, Surabaya

Smiley face
PPNS BEKERJASAMA DENGAN PEMKOT SURABAYA DALAM PENGEMBANGAN KALIMAS SURABAYA

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PPNS BEKERJASAMA DENGAN PEMKOT SURABAYA DALAM PENGEMBANGAN KALIMAS SURABAYA

alt

Surabaya Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) ikut turun tangan membantu Pemkot Surabaya dalam melanjutkan rencana pengembangan sungai Kalimas. Sungai yang membentang ditengah kota Surabaya tersebut sejak tahun 2007 telah di revitalisasi oleh Pemkot Surabaya untuk objek wisata air. Saat ini, taman ekspresi di sekitar  sungai Kalimas sekitar jalan Irian Barat telah selesai dibangun dan dapat dinikmati warga Surabaya, arena BMX juga sudah banyak dikunjungi pemuda Surabaya yang ingin ber-BMX ria di sekitar Kalimas. Tidak hanya cukup sampai disana, Pemkot telah menyusun rencana pengembangan sungai Kalimas dengan harapan  dapat mengembangkan waterfront city di kota Surabaya dimana sungai akan menjadi salah satu pusat aktifitas warga yakni sebagai tempat refreshing dan berpariwisata.

Sebagai Institusi Pendidikan Tinggi vokasi di bidang perkapalan kebanggaan warga Surabaya, PPNS turut menjadi bagian penting dalam rencana besar pengembangan sungai Kalimas.  Pemkot Surabaya mempercayakan PPNS untuk berpartisipasi dalam merumuskan jawaban dari segala masalah yang dapat menghambat jalannya pengembangan Kalimas sehingga ditentukan solusi – solusi sehingga pengembangan kalimas ini lancar bukan hanya pada proses pembangunan tetapi juga lancar pada saat proses operasional pasca revitalisasi. “merupakan salah satu amanah penting ketika PPNS  dipercaya menjadi bagian dalam perkembangan Indonesia, terutama Surabaya yang tidak lain adalah kota dimana PPNS beridiri, untuk itu kami disini optimal membantu Pemkot Surabaya untuk dapat merealisasikan pengembangan Kalimas sebagai tempat pariwisata favorit warga Surabaya. Hal ini sebagai bentuk nyata pengabdian PPNS kepada masyarakat  Indonesia pada umumnya, dan Surabaya pada khususnya” ungkap Direktur PPNS, Ir. Muhammad Mahfud M.MT., FRINA.

Dalam rencana pengembangan sungai kalimas tersebut, Direktur PPNS menyampaikan siap menyediakan 3 unit kapal pariwisata di sungai kalimas hasil dari pendapatan  operasional kapal pariwisata tersebut dapat digunakan untuk perawatan kapal maupun pelestarian lingkungan disekitar sungai kalimas. Selain bantuan tersebut, PPNS juga berinisiatif untuk dapat berperan aktif dalam pengentasan kemiskinan di Surabaya yakni dengan memberikan pelatihan gratis bagi pemuda Surabaya yang putus sekolah. Pelatihan tersebut antara lain pengelasan, servis motor, reparasi mesin, elektro motor dll. “Harapan kami dengan pemberian pelatihan dan keterampilan kerja bagi pemuda putus sekolah di Surabaya ini dapat menjadi langkah pasti dalam pengentasan kemiskinan karena pasca pelatihan mereka dapat berwiraswasta untuk meningkatkan penghasilan mereka” Lanjut Ir. Muhammad Mahfud M.MT.

 

Ditemui secara terpisah, Ibu Dra. Sri Nurhayati Selaku Ka. Sie Pembangunan dan Pengembangan Periwisata mengungkapkan bahwa rapat yang digelar di PPNS pada tanggal 13 Juni 2012 tersebut  selain mengundang tim PPNS juga mengundang seluruh Kepala Dinas yang terkait dengan pengembangan Kalimas diantaranya adalah Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pemuda dan Olah Raga, Dinas Pengairan Provinsi, Bappeko, Jasa Tirta dll.  dalam rapat ini akan membahas seluruh permasalahan dalam pengembangan sungai kalimas serta akan dirembukkan bagaimana mengatasi masalah berdasarkan pendapat orang – orang yang ahli dibidangnya dilihat dari sisi sosial, ekonomi, budaya, estetika serta penelitian ilmiah tentang lingkungan sekitar terkait dengan dampak dari pengembangan sungai kalimas ini.